Tuesday, October 27, 2009

Menstimulasi Bayi Lewat Mainan


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menstimulasi perkembangan bayi, baik perkembangan komunikasi, motorik, berjalan, hingga koordinasi tangannya dan matanya. Salah satunya yaitu melalui bantuan mainan. Beberapa mainan didesain untuk menstimulasi cara berfikir anak sehingga dapat membantunya mengembangkan kepekaannya terhadap berbagai aktifitas seperti bermain, problem-solving, dan komunikasi antara anak dan orangtua. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam memberikan stimulus pada anak dengan bantuan mainan.


Mainan bertekstur
Maianan bertekstur bisa membantu anak mengembangkan kemampuan sensoriknya. Berikan sikecil mainan yang terbuat dari berbagai tepe bahan dan permukaan. Mainan tersebut dapat menstimulasi indera sentuhan sikecil dan mengajarkannya untuk mengenal berbagai permukaan objek yang berbeda. Dengan demikian sikecil akan semakin nyaman bersentuhan dengan berbagai objek dilingkungan.Mainan genggam atau remasMainan yang bisa di genggam atau di remas seperti balok warna-warni, botol plastik dan sebagainya membantu mengembangkan koordinasi antara tangan dan mata sikecil. Sementara ember berlubang dengan beragam bentuk bangun serta balok-balok berbagai bentuk juga membantu mengembangkan kemampuan problem-solving pada sikecil.


Mainan berbunyi

Selain menimbulkan bunyi yang menyenangkan dan menarik perhatian sikecil, mainan yang berbunyi saat dipegang atau ditekan juga bisa mengembangkan kemampuan berinteraksi sikecil dan membantu mereka mengerti hubungan antara sebab akibat. Sementara mainan yang melantunkan musik-musik soft, seperti nyanyian nina bobo, dapat menstimulasi kreatifitas dan imajinasi sikecil.

Mainan berwarna-warni

Mainan berwarna-warni seperti balok warna-warni, mainan karet warna-warni dan sebagainya dapat mengembangkan kemampuan visual sikecil. Anda juga bisa memberikan mainan atau bantal yang memiliki pola yang mencolok kepada sikecil untuk menguatkan kemapuan visualnya dan membantu bayi membedakan antara berbagai pola dan warna. Selain menstimulasi indera penglihatannya, mainan berwarna juga bisa meningkatkan kreatifitas sikecil.


Mainan pop up

Mainan pop up atau mainan yang bisa timbul lalu menghilang membantu menstimulasi kemampuan problem solving dan berfikir kreatif. Mainan jenis ini juga mengajarkan tentang sebab-akibat pada bayi, sekaligus meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata, serta kemampuan berfikir kreatif.


Mainan bongkar pasang

Mainan bongkar pasang seperti lego, builing block, puzzle dan sebagainya membantu menstimulasi kemampuan problem-solving dan taktikal pada sikecil. Mainan ini juga bisa mengembangkan kreatifitas anak dalam bermain, sekaligus menggali kecerdasannya.
Meski penting bagi orangtua menyediakan berbagai mainan untuk menstimulasi kemampuan sikecil, namun orangtua juga harus memperhatikan kemampuan sosialisasi anak. Jangan biarkan mereka terlalu sibuk dengan mainannya hingga enggan bermain dengan teman sebayanya atau orang dewasa lainnya. Selain itu terlalu banyak memberikan mainan pada sikecil justru bisa membuatnya bingung dan enggan memainkan. Selalu atur waktu untuk sikecil bermain dengan mainannya, jangna biarkan ia terlampau ayik bermain hingga larut malam, dan membuatnya kurang tidur keesokan harinya. Ibu bijak tahu yang terbaik untuk anaknya.

No comments:

Post a Comment